Jumat, 25 September 2015

Lebih efisiensi mesin Bensin atau mesin Diesel ?

Secara teoritis, mesin diesel dan mesin bensin tidak berbeda jauh. Kedua mesin diesel dan mesin bahan bakar bensin menghasilkan energi melalui serangkaian ledakan kecil / combustions.  Berikut beberapa  perbedaan dimana kenapa mesin solar lebih efisien dari mesin bensin :

Kondisi mesin bensin :

 
Dalam mesin bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, dikompresi oleh piston dan dinyalakan oleh percikan api dari busi.
Sebuah mesin dengan rasio kompresi yang tinggi memungkinkan untuk lebih banyak daya ketika pembakaran bahan bakar terjadi Rasio kompresi dalam mobil bensin biasanya berkisar antara 7:01-10:01
Pada mesin bensin ruang bakar dibatasi pada banyaknya udara dan masuk serta bahan bakar bensin yang masuk melalui karburator. 


Kondisi mesin diesel :

Dalam mesin diesel hanya udara dikompresi setelah bahan bakar diinjeksikan . Solar memiliki suhu pembakaran yang lebih tinggi dari bensin
Dalam mesin diesel semakin besar ruang udara dan bahan bakar solar yang dicampurkan semakin besar tenaga yang dihasilkan sehingga mobil bisa melaju lebih kencang dan efisen dalam pemakaian bahan bakar minyak
Dari sini dapat kita simpulkan mesin diesel lebih efisien / irit dari mesin bensin, karena nya harga mobil baru atau pun mobil bekas bermesin diesel dengan tahun yang sama biasanya lebih tinggi dari mesin bensin.

Baru-baru ini saja sejak ada kenaikan bbm bulan juli 2013 lalu harga bbm solar terpaut Rp. 1.000 lebih murah dari harga bensin

Cara menghemat bahan bakar :

 
Untuk menghemat bahan bakar, Anda tidak harus memiliki sebuah mobil hemat bahan bakar.
 

Perhatikan kondisi ban Anda.
Ban yang bertekanan udara sesuai instruksi, bisa menghemat hingga 3% tergantung jenis dan model mobil yang Anda gunakan. Pastikan Anda memerika tekanan ban mobil Anda minimal 1 bulan sekali.
Pada kecepatan tinggi, membuka jendela akan menambah tekanan pada mobil Anda yang berakibat penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.
 

Rawat mobil Anda.
Pastikan Anda selalu menservice berkala mobil Anda. Mengganti saringan udara atau oli mungkin merupakan langkah paling mudah yang Anda bisa lakukan untuk menghemat bahan bakar Anda.
 

Kurangi beban mobil Anda.
Beban mobil merupakan faktor yang paling penting yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar Anda. Semakin berat beban yang Anda bawa, semakin banyak bahan bakar yang mobil pakai. Keluarkan barang-barang yang Anda tidak butuhkan sehingga menghemat ruang dan BBM Anda.
 

Cara paling mudah dan menghemat konsumsi bahan bakar Anda adalah, kurangi berkendara. Menumpang mobil teman Anda atau menggunakan transportasi umum akan sangat membantu mengurangi pengeluaran Anda untuk mobil kesayangan Anda.
Atau ada baiknya Anda mencoba penghemat bbm yang ada dipasaran seperti xpower, siapa tahu anda cocok dengan efek positif pada mesin yang dihasilkan dan membuat anda terpuaskan.

Artikel terkait : 
Beda mesin Diesel dan Bensin

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Penyewaan Misty Fan untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    BalasHapus